-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kamis, 01 April 2010

Bisnis Hotspot

Hotspot memang sudah menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, bukan rahasia lagi dewasa ini internet sudah bukan barang yang mewah.

Dengan semakin maraknya para pemain baru dalam bisnis internet, maka timbulah persaingan harga yang akan membuat tarif internet sedemikian murahnya. Lihat saja, internet sudah dapat di jangkau di mana saja dan kapan saja. Jika anda bepergian ke mall-mall atau restoran maka akan sering kita jumpai akses hotspot baik yang gratis atau yang berbayar.

Sejatinya untuk memulai bisnis ini tidaklah di butuhkan biaya yang besar, intinya hanya bermodal keberanian dan sedikit terobosan.
Namun ada beberapa hal yang menjadi syarat mutlak sebelum kita terjun ke bisnis ini yaitu,

Lokasi

Sebelum membangun koneksi hotspot ada baiknya kita menentukan lokasi yang strategis. Untuk saat ini hotspot sudah marak di bangun di area kampus dan sekolahan atau bagi yang sudah mempunyai usaha semacam cafe atau depot kita bisa menambah fasilitas ini untuk semakin menarik minat pengunjung.

Panga pasar

Di karenakan bisnis ini adalah bisnis hotspot, yang dalam artian hanya bisa kita jual kepada orang yang sudah punya perangklat wireless semacam laptop
atau smartphone yang sudah di bekali wi-fi maka kita perlu melakukan survey seberapa banyak orang yang memiliki perangkat diatas di sekitar area lokasi hotspot kita. Jika jumlah orang yang mempunyai perangkat wireless tidak memungkinkan (dalam hal ini saya berasumsi minimal 10 laptop)maka jangan di paksakan untuk membangun bisnis ini.

Modal


Untuk memulai usaha ini tidaklah perlu modal yang besar, berikut saya berikan rincian modal bisnis hotspot.
Saya asumsikan saat ini anda sudah punya koneksi internet(dalam hal ini misal speedy paket game) yang biaya perbulannya RP.715.000. Sebagai perangkat tambahan anda cuma membutuhkan sebuah router mikrotik RB750 yang seharga RP.450.000.
Antena omni directional 360 derajat seharga RP.1.200.000 dan sebuah radio transceiver semacam linksys yang seharga RP.700.000 serta pipa dan beberapa meter kabel UTP. Jadi secara keseluruhan modal awal yang di keluarkan tidak lebih dari 3 juta.

Harga jual


dalam bentuk voucher.Untuk menjual koneksi hotspot ini kita bisa membuat beberapa paket layanan dalam bentuk voucher. Satu contoh kita buat paket 5 jam dengan harga rp.10.000.
Jika disekitar area hotspot kita terdapat 10 laptop aktif, dan setiap hari mereka membeli masing-masing satu voucher maka dalam satu hari kita akan dapat menjual 10 voucher. Maka dapat saya asumsikan pendapatan perhari kita adalah 10 laptop X Rp.10.000 = Rp.100.000.
Maka dalam satu bulan berarti Rp.100.000X 30 hari = 3 juta.
Yang tentunya pendapatan ini cuma akan di potong untuk biaya speedy yang hanya Rp.715.000 serta biaya listrik yang mungkin tak lebih dari Rp.100.000. Jadi masih ada sisa pendapatan sebulan sebesar 2 juta.

Dengan begitu tidak ada salahnya kita mencoba jbisnis tersebut, karena memang peluangnya saat ini yang bagus, kenapa tidak untuk mencoba?

2 komentar:

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Powered By Blogger